07/10/12

Yes, We are Big Family of CaC!

Teman-teman yang mengikuti perjalanan KUB pasti tau kalo gerakan ini terinspirasi dari Coin a Chance! atau CaC!. Dan kami ingin berbagi kabar gembira. Setelah setahun lebih, akhirnya KUB resmi menjadi bagian dari CaC!. Uuuuuuyyyyyyyyyeeeeeeee :)

Tahun ini, ada penanda penting dalam tubuh CaC!. Secara resmi, CaC! telah menjadi yayasan berbadan hukum dengan nama Yayasan Coin Anak Bangsa. Dengan resminya CaC! menjadi yayasan, diharapkan CaC! bisa berkembangan secara lebih signifikan, juga dapat membuka kesempatan bekerja dengan berbagai pihak dengan misi yang sama: mencerdaskan anak-anak Indonesia dan memberikan mereka kesempatan yang sama, tak peduli apa latar belakang sosial dan ekonomi mereka.

Namun, dengan berkembangnya CaC! dan diresmikannya CaC! sebagai yayasan, muncul tanggung jawab lain. Salah satunya adalah pelaporan dan akuntabilitas. Dengan banyaknya cabang CaC! di berbagai daerah, perlu dipikirkan cara untuk berkonsolidasi agar CaC! dapat lebih solid dan akuntabel.

Berikut COIN A CHANCE! Community Guideline yang dirancang CaC! pusat :
  • Satu website, www.coinachance.com 
  • Satu Facebook page: Coin a Chance!
  • Semua kota menggunakan identitas resmi CaC! – dan namanya adalah Coin a Chance! – nama kota, misal: Coin a Chance! Jogja, Coin a Chance! Makassar, dsb
  • Masing-masing CaC! membuat Twitter account sendiri-sendiri 
  • Kerjasama dengan perusahaan/institusi lainnya, masing-masing penanggung jawab CaC! di tiap kota harus menginformasikan terlebih dahulu kepada CaC! Jakarta jika ada tawaran untuk bekerja sama dengan pihak/perusahaan tertentu 
  • CaC! tidak meminta sumbangan secara langsung/kepada perusahaan
  • Masing-masing CaC! (nama kota) akan memberikan laporan keuangan ke CaC! Jakarta. Ini untuk memudahkan audit di akhir tahun ketika semua dana yang diterima harus diverifikasi. Dengan demikian dana CaC! dari semua cabang akan terlihat (berapa besarnya)
Beberapa dari poin di atas masih dalam proses, misalnya penyatuan website dan Facebook page. Untuk nama, resminya KUB berganti menjadi Coin a Chance! Banjarmasin, tapi nama Koin untuk Banua ga dihilangkan. Yang paling penting sih ga ada yang berubah dari bentuk kegiatan, selain manajemen dan akuntabilitas yang lebih baik.

Well, terimakasih dukungannya selama ini, temans... Terus dukung CaC! ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar